pasca kampus

Buku yang tak terduga


Buku yang menarik untuk dibaca dan gak pernah bosan untuk dibaca kembali. Jika setiap peristiwa sudah diatur oleh Allah SWT, maka mungkin seperti inilah jalannya; simak saja baik-baik🙂.

Siang itu saya menemani auditor dari regional untuk makan siang di daerah kelapa gading. Lalu terdengar hp saya berdering. Nomornya agak asing, sepertinya berasal dari luar negeri. Setelah ku angkat, terdengar seorang perempuan muda menelpon dengan bahasa inggris. Karena suaranya tidak terdengar jelas, aku meminta nya untuk mengirimkan email. Huahh, dan ternyata adalah email undangan interview dari hongkong.  Senang sekali rasanya mendapat undangan interview dari salah satu perusahaan besar farmasi-setelah sekian lama gak mendapat undangan hehe. Setelah mendapat izin dari atasan, keesokan harinya saya beranjak ke kantor yang berada di area sudirman, Jakarta.  Selesai interview saya naik Trans Jakarta. Bis lumayan penuh saat itu, karena bertepatan di waktu jam pulang kerja. Tak lama ada seorang perempuan yang ternyata mengalami gangguan penglihatan masuk dan tidak memperoleh tempat duduk. Akhirnya aku mempersilahkan perempuan tersebut duduk di bangku ku. Bawaan nya banyak sekali,salah satunya adalah buku. Perempuan itu berteriak, “Siapa yang mau buku ini? Saya tidak butuh karena saya tidak bisa baca, ini Cuma Cuma.”. Tidak satupun dari penumpang  bis transjakarta yang merespon. Akhirnya aku memberanikan diri untuk menerima buku tersebut dan memberikan uang sekedarnya. Ada 4 buku yang kuterima dan tas ku langsung penuh. Di kos, aku membaca buku tersebut dan cukup terkejut, karena ada tanda tangan salah satu presenter terkenal-Andy F Noya. Hahahaha

Jika flashback, beberapa aku pernah menginginkan mendapat kan buku dari acara kick andy. Namun tidak kunjung kesampaian karena tidak lolos undian hahaha. Dan mungkin keinginan ku tercapai lewat peristiwa yang tak terduga ini.

Salah satu buku yang menarik adalah Time of your life karya Prof. Rando Kim. Buku ini menceritakan tentang perjuangan dan pencarian jati diri anak muda yang merupakan sang penulis sendiri. Berikut salah satu kutipan yang ada pada buku tersebut.

rando kim

“Untuk alasan ini, aku lebih senang menganalogikan hidup kita dengan puzzle daripada olahraga. Ketika aku bilang puzzle, maksudku puzzle berukuran besar yang membuatmu harus mengumpulkan 29220 pecahannya, satu per satu. 29220 adalah angka yang mewakili jumlah hari yang kamu jalani dari lahir hingga mati berdasarkan angka harapan hidup 80 tahun. Ketika kamu mengalikan 365 hari dengan 80 tahun, kamu akan memperoleh 29200. Dan jika kamu menambahkannya dengan 20 untuk mewakili 20 kali dari tanggal 29 Februari yang akan kita temui dalam hidup kita, maka hasilnya adalah 29220. Ketika kamu mulai berpikir tentang usia harapan hidup tak diragukan lagi bila ilmu medis akan membuat perubahan yang signifikan. Jadi mungkin jumlah pecahan yang harus kamu kumpulkan dalam puzzle kehidupanmu akan menjadi lebih dari 30.000. Hidup itu seperti puzzle, karena hidup adalah sebuah proses untuk melengkapi sebuah gambar yang besar dengan cara mengumpulkan satu per satu pecahan yang kita sebut dengan hari, satu per satu.

Ketika berbicara tentang kesuksesan hidup, banyak orang berpikir bahwa semakin cepat kita meraih sukses akan lebih baik. Harapan paling besar dari setiap orang adalah meraih sukses ketika muda. Jadi, kita terus menerus melihat ke arah jam kita untuk melihat seberapa cepat kita melangkah maju.

Namun yang lebih penting dari jam adalah kompas. Arti yang sebenarnya dari kesuksesan hidup ditentukan oleh pecahan terakhir yang akan kamu letakkan untuk mengambil puzzlemu. Oleh karena itu, mengambil langkah yang benar lebih penting daripada melangkah cepat.

Sebenarnya ada yang lebih penting dari kompas; cermin, dan melihat kompas itu. Keberhasilan dalam hidup, bukan pencapaian besar; keberhasilan adalah hasil dari usaha yang kamu lakukan setiap hari.

Oleh karena itu, kamu tidak boleh membuang satu hari pun sementara kamu menunggu untuk bisa melakukan tendangan kemenangan secara dramatis,

ataupun titik balik dalam hidupmu…..”

Review tentang buku ini bisa di cek di situs berikut; Time of your life- Rando Kim

Menarik sekali. Dan mungkin itulah salah satu penghibur karena saya tidak lolos interview haha. I am not take it personally, yah belum rejeki ^_^. Doa setelah tidak lolos interview:  Semoga diganti dengan yang lebih baik. Aamiin

See you🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s