tentang islam

Sikap muslim menghadapi musibah


Rasulullah pernah bersabda bahwa seorang muslim itu memiliki kelebihan, dalam 2 kondisi ia akan memperoleh pahala dari Allah, yaitu saat diberi nikmat ia bersyukur dan saat diberi musibah ia akan bersabar.

 Musibah adalah takdir Allah yang sudah dijatah kepada setiap insan yang diciptakan, jadi jangan pernah merasa anda adalah orang yang paling menderita karena suatu saat nanti mungkin si fulan A atau si B akan mengalami hal-hal lain.
 Semuanya akan kembali kepada Allah. Baik harta, teman, kerabat bahkan diri anda sendiri adalah milik Allah, itu semua adalah titipan, anda hanya diamanahkan untuk menjaga dan memanfaatkannya bila sang Pemilik berkehendak untuk mengambilnya maka kita tidak punya kuasa untuk menahan atau marah saat pemilik mengambilnya.
 Menyadari bahwa musibah akan menghapus dosa-dosa dan mengangkat derajat. Ini terdapat dalam surah Al-Anbiya: 35, Al-Baqarah: 155-157, Surah Al-Hadid: 22-23 dan Surah Al-Mu’minun :76.
 Jangan berkeluh kesah. Berkeluh kesah tidakakan mengubah keadaan malah akan membuat musuh bergembira dan dapat melemahkan hati.
 Yakinlah, bahwa kepahitan di dunia akan berakhir dengan kemanisan di akhirat jika kita senantiasa ikhlas dan ridho terhadap musibah yang menimpa kit.
 Berusaha. Bersabar berarti juga terus berusaha, disinilah amalan kita akn terlihat dan dicatat di sis Allah sebagai pahala ikhtiar kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s