tentang islam

Menangislah!!!


Masih inget nggak? Buku controversial masaru emoto yang berjudul the true power of water yang pada akhirnya dibantah oleh buku lainnya yang berjudul the untrue power of water. Menurut saya (judul) buku itu ada benarnya. Kalau masaru mengatakan bahwa air memilki indra yang dapat merespon sesuatu disekitarnya, maka disini saya akan membahas tentang air mata yang memiliki kekuatan.

Air mata yang secara fisiologis dapat membersihkan mata juga dapat membersihkan hati. Bersyukurlah mempunyai airmata karena berarti kita diberi kesempatan untuk menangis.
Menangis menjadi luapan emosi dan keinginan yang tak pernah dapat tertulis oleh pena, tak mampu terucap oleh kata dan tak terlukis oleh warna sekalipun. Ia hanya dapat dirasa, oleh individu yang bersangkutan karena memilki makna yang dalam, lebih dari sekedar kata-kata.

Menangis dengan indah
Menangis menjadi momen terindah saat hanya Dia dan kita yang tahu. Menangis ditengah heningnya malam. Menangisi segala kelalaian dan kesalahan dan bertekad untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama. Menangis untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Menangis lah sebelum ditangisi, jangan sampai kita belum pernah menangisi kesalahan dan kelalaian seumur hidup kita. Bahkan umar bin khattab yang terkenal sebagai singa padang pasir sebagi seorang yang alim, sering menangis dihadapan RabbNya hingga dipipinya terlihat bekas aliran air matanya. Semoga tetesan airmata itu menjadi pemberat di yaumul akhir.

Forbidden crying
Adakah tangisan terlarang? Jawabannya ada. Yakni tangisan meratapi takdir. Menyesali keadaan diri dan memenuhi rongga otak dengan kata-kata ‘why’. ‘why’ tidak pernah menyelesaikan masalah walau terkadang perlu untuk menganalisa masalah, namun bila momennya tidak tepat dapat menjerumuskan individu ke lembah kesedihan yang dalam.

Jadi, menangislah dengan indah agar kesedihan dan harapan menjadi akhir cerita yang indah pula.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s