kesehatan

PENGARUH POLA TIDUR BAGI KESEHATAN


Aktivitas organisasi yang padat dan tugas kuliah yang menumpuk menjadi bagian dari keseharian mahasiswa. Untuk memenuhi tuntutan tersebut, tak ada pilihan lain bagi mahasiswa selain begadang. Nani mahasiswi kimia 06 mengaku begadang setiap malam saat ujian atau mengerjakan tugas praktikkum. Berbeda dengan Nani, Arif mahasiswa farmasi 07, mengungkapkan begadang saat menjelang ujian. Ketika ditanya tentang jam tidur, mahasiswa yang aktif di BEM MIPA dan MII ini, menjawab “Gua sih tidur mulai dari jam 2 sampe jam 5 atau ga tidur sama sekali kalo begadang” Aktivitas yang padat serimg menyita waktu tidur padahal tidur merupakan kebutuhan dasar setiap orang yang tidak dapat diganggu pelaksanannya.

Kasus diatas tidak hanya dialami oleh Arif dan Nani, tetapi juga mahasiswa lainnya . Mereka harus mengubah jam biologisnya untuk memenuhi tuntutan kewajiban. Jam biologis merupakan mekanisme pengaturan waktu internal dalam tubuh yang bekerja secara otomatis. Jam biologis manusia sudah terprogram secara genetik untuk menentukan waktu bangun dan tidur, setiap orang memiliki jam biologis yang berbeda- beda tergantung umur, pekerjaan dan temperamen.

Melawan jam biologis akan berdampak buruk bagi kesehatan. Dr. Restak, seorang ahli saraf mengemukakan “irama terjaga dan tidur yang biasa tampaknya menimbulkan pengaruh stabilisasi pada kesehatan psikologis dan fisik kita.” Jam biologis yang berkurang akan memberikan efek buruk bagi jantung, hati, otak, dan berat badan. dr. Rini menambahkan “ kurang tidur membuat tekanan darah turun, mudah lelah dan pada akhirnya memicu penyakit jantung.” Tidur malam atau terlalu siang merupakan penyebab kerusakan hati. Ini terkait dengan pola pembuangan di tubuh kita yang terganggu akibat begadang. Saat tidur, organ-organ tubuh beristirahat sehingga menetralakan kerusak yang terjadi akibat kegiatan sehari-hari, membersihkan secara menyeluruh melaui aliran darah dan memulihkan keseimbangan kimiawi. Terkait dengan otak, kurang tidur menyebabkan otak berhenti memproduksi sel-sel baru. Penelitian yang dimuat dalam Proceeding of the Nation of Science menemukan bahwa kurang tidur pada tikus akan mempengaruhi hipopocampus, suatu wilayah di otak yang terlibat dalam pembentukan ingatan. Belum diketahui apakah efek kurang tidur pada tikus akan ini sama dengan manusia. Tapi faktanya manusia akan sulit berkonsentrasi akibat kurang tidur. dr. rini menyatakan bahwa kurang tidur juga bias mengakibatkan nafsu makan meningkat. Sejalan dengan pernyataan dr. Rini, Nani mahasiswi kimia 06 mengaku lebih banyak ngemil untuk menghindari kantuk. Saat kurang tidur, terjadi penekanan hormone protein bernama leptin dan menimbulkan rasa lapar yang berakibat pada peningkatan berat badan.

Keadaan fisik yang menurun akibat begadang kadang diperparah oleh kebiasaan mahasiswa minum stimulant seperti minuman berenergi ataupun kopi. Arif mahasiswa farmasi 07 mengaku minum kopi pahit sebelum begadang. “minum kopi boleh-boleh saja asal tidak berlebihan. Kalau berlebihan bias mengakibatkan insomnia karena saraf dipacu terus untuk terjaga,” ujar dr. Rini. dr Rini juga mengngkapakan bahwa minuman berenergi tidak dianjurkan untuk diminum saat begadang. Hal tersebut disebabkan oleh rasa masam dalam minuman yang dapat memicu penyakit maag dan pemanis buatan yang dalam jangka waktu lama akan menimbulkan kanker. Efek kurang tidur secara psikologis mengakibatkan hiperaktif, kurang mengendalikan diri dan emosi, meningkatkan nafsu birahi, kurang gesit, lekas marah dan tersinggung.

Jam biologis yang kacau tidak hanya disebabkan oleh kurang tidur atau begadang melainkan tetapi juga terlalu banyak tidur. dr Rini mengungkapkan bahwa terlalu banyak tidur mengakibatkan sirkulasi darah tidak lancar loyo dan lemah badan yang loyo dan lemah tersebut disebabkan oleh reabsorpsi limbah serta metabolisme tubuh. Mengubah jam biologis menjadi hal yang tidak dapat dihindari mengingat banyaknya kewajiban yang harus dilakukan. Verikut ini tips untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit walaupun harus begadang :

  • Banyak mengonsumsi makanan begizi dan vitamin
  • Mengurangi konsumsi karbohidrat, memperbanyak minum air putih
  • Tidak merokok

Pasca begadang, rasa kantuk terkadang sulit ditahan. Untuk menghindari kantuk pasca begadang dr. Rini menyarankan agarmengganti jam tidur yang kurang. Di sisi lain ada pula orang yang mengalami gangguan tidur pasca begadang. Ada beberapa tips untuk memperoleh tidur yang berkualitas yaitu :

  • Memperbaiki posisi tidur

Ø Posisi tidur yang paling sempurna yaitu posisi dimana tubuh dapat menjadi rileks. Saat tidur, usahakan tubuh tidak melengkung karena posisi ini dapat mengganggu sirkulasi jantung dan darah.

Ø Tidak tidur berbaring dengan posis telentang. Posisi ini kurang sehat karena menekan atau menyesakkan tulang punggung

Ø Tidak tidur menghadap kiri. Posisi ini dapat mengganggu kesehatan karena menghimpit jantung sehingga sirkulasi darah terganggu dan mengurangi pasokan darah ke otak, jika ini terjadi kita akan mengalami mimpi-mimpi sedih memilukan, mimpi buruk/seram (nightmares) bahkan berjalan dalam keadaan tidur (somnabulisme).

Ø Tidak tidur tengkurap atau menelungkup. Posis ini tidak praktis untuk pernapasan.

Ø Posisi tidur terbaik menurut sains adalah pada sisi kanan tubuh (menghadap kekanan). Fakta ini telah diuji melalui riset medis modern yang panjang untuk membuktikan kebenaran ajaran Islam yang berkualitas wahyu, sebagaimana Rasulullah Muhammad SAW menganjurkan kepada para pengikut beliau untuk tidur berbaring pada sisi badan bagian kanan.

Ø Dalam posisi tidur diusahakan agar kepala menghadap ke Utara dan kaki mengarah ke Selatan, sehingga tubuh tidak menolak arus/medan magnet konstan mengaliri sekujur tubuh dari kutub magnetik Utara menuju ke Selatan dan ‘terhubung’ lancar ke sistem saraf kita.

  • Mengarahkan perhatian pada hal-hal yang berhubungan dengan moral dan spiritual.

Rasulullah Muhammad SAW menyuruh kaum Muslim untuk membaca dan merenungkan ayat-ayat Al Quran, yaitu ayat Kursi dan tiga surah terakhir dari Al Quran sebelum tidur. Sebagaimana dapat diketahui, ayat-ayat tersebut banyak berbicara mengenai keagungan dan keindahan sifat-sifat Tuhan, dan hal ini akan memberikan kesan yang dalam serta kuat di alam fikiran kita. Merenungkan sifat-sifat keTuhanan tersebut akan membersihkan dan meninggikan ruhani serta mendapat perlindungan Allah SWT terhadap segala godaan setan dan hal-hal yang merugikan.

Kebutuhan tidur harus dipenuhi baik secara kualitas maupun kuantitas karena tidur mempengaruhi funsi fisiologi tubuh.

About these ads

21 thoughts on “PENGARUH POLA TIDUR BAGI KESEHATAN

  1. wow, ternyata begadang sangat tidak baik yah, he..tapi sulit untuk dihindari , apalgi kalau tugas menumpuk, anyway, makasih infonya,

  2. Pingback: Lely Poenya » Kebiasaan Buruk bagi Kesehatan

  3. aslm.syukron katsir atas infony,saya bener2 dpt pengetahuan baru yg bermanfaat,ntar bahas masalah posisi tubuh saat makan dönk,pengen tau juga pengaruhny buat kesehatan

  4. sudah 2 bulan yg lalu, gw ngalamin susah tidur malam, ya jadi jam biologis gw berubah = malam jadi siang, gw ngerasain bgt pengaruhnya bwt kshatan gw, badan sering lemes, dan kinerja otak gw mnurun, biasanya sih klw b’gadan ya ngenet cari bahan wt pelajaran kuliah,
    untuk gnti waktu tidur ya pagi – sore di hajar, magrib langsung kuliah, pulang berlanjut lagi sampai pagi, setiap hari, keadaan trsbt memprparah gaya hidup gw yang ga beraturan, kurang minum ga nafsu makan, dan fisik kelihatan pucat abis,,,

    saran ya klw ga da kpentingan jngan b’gadang.

    soalnya setiap jam pda saat tidur ada proses detoksinasi untuk setiap bagian tubuh proses ini berlangsung sampai pagi hari, ni contohnya pada saat pagi hari (waktu subuh), detoksinasi pada saluran pernafasan berlangsung bisanya kita kedinginan dan sering batuk, jangan ditahan biarkan aja, karna proses detoksinasi brlangsung….

    yo sama2 jaga kesehatan supaya di waktu tua kita ga kalah sama orang tua tempo dulu yang umur’a panjang badan’a sehat.

  5. subhanallah,,, betapa tidak baiknya begadang itu,,, tapi harus bagaimana lagi sebagai seorang mahasiswa yang dituntut untuk mengerjakan sgala sesuatu selesai tepat waktu,,, apalagi kalau kita seorang aktivis kampus, harus ngrjain tugas himpunan,,, bem atau pun ukm + tugas kuliah reguler ditambah lagi besoknya kalo mau ada quiz,,, beugh tah dijamin kocar kacir ngerjain tugas,,, bela-belain keluar malem malem pergi ke warnet atau ke kosan temen buat nylesain tugas tugas ntu,,, alhasil dijamin tah begadang semaleman,,, ga tau dech besoknya kayak gmn,,, udah kesiangan,,,mikir ga konsen,,, pkonamah negatif thinking begadang teh,,,
    mudah mudahan dengan adanya artikel ni para pegaadang mania yang membaca artikel ini bisa lebih teratur pola tidurnya,,,

    buat admin makasih ea artikelnya sangat bagus,, n_n

  6. makasi ya…………
    tapi aku mau tanya nich,,,,,,,,,
    maksimal untuk tidur satu hari satu malam berapa ya??????

  7. lain dengan saya , saya terjaga seharian karena menunggu suami saya , saya dan dia berbeda lokasi karena faktor pendidikan kami , sayang harus menunggunya hingga larut malam atau bahkan dini hari , paginya saya lanjutkan kuliah dengan seretetan tugas seperti praktikum juga mengajar….tapi ….saya sendiri merasa sakit atas pola ini , tapi bagaimana lagi…….Allah ta’ala sudah men’setting nya seperti ini ….hanya tawakkal allah yang saya jalani semoga dia(suami saya) bisa menyelesaikan studinya dengan cepat,,,,amin…

  8. trim buat artikelnya, q udah banyak semuanya n very good, q bingung ne kata temanku jika tidur terlalu lama dapat mempengruhi kesehtan yakni badan kurus, q bingung sih, benar gk demikian?d bales yeah.trim

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s