Sains

Teori Abiogenesis dan Biogenesis


PENDUKUNG TEORI ABIOGENESIS terjadi begitu saja atau secara spontan. Oleh sebab itu, paham atau teori abiogenesis ini disebut juga paham generation spontaneae.

Jadi, kalau pengertian abiogenesis dan generation spontanea kita gabungkan, maka pendapat paham tersebut adalah makhluk hidup yang pertama kali di bumi tersebut dari benda mati / tak hidup yang terkjadinya secara spontan, misalnya :

   1. ikan dan katak berasal dari Lumpur.

   2. Cacing berasal dari tanah, dan

   3. Belatung berasal dari daging yang membusuk.

A) Teori Harold Urey (1893)

Urey berpendapat bahwa kehidupan terjadi pertama kali di atmosfer. Pada saat tertentu dalah sejarah perkembangan bumi, terbentuk atmosfer yang kaya akan CH4 (metana), NH3 (ammonia), H2 (hidrogen) dan H2O (air). Molekul-molekul ini dengan bantuan petir yang menimbulkan loncatan listrik dan sinar kosmik akan membentuk asam amino yang merupakan awal dari kehidupan.

B) Teori Oparin

Oparin sependapat dengan Urey bawah kehidupan pertama terjadi di cekungan pantai yang bahan-bahannya dari lautan.

 

PENDUKUNG TEORI BIOGENESIS

A) Percobaan Lazzaro Spallanzani ( 1729-1799)

Spallanzani menyangsikan kebenaran paham abiogeensis. Oleh karena itu, dia mengadakan percobaan yang pada prinsipnya sama dengan percobaan Francesco Redi, tetapi langkah percobaan Spallanzani lebih sempurna. Sebagai bahan percobaannya, Spallanzani menggunakan air kaldu atau air rebusan daging dan dua buah labu. Adapun percoban yang yang dilakukan Spallanzani selengkapnya adalah sebagai berikut:

 

·        Labu I         : diisi air 70 cc air kaldu, kemudian dipanaskan 15oC    selama beberapa menit dan dibiarkan tetap terbuka.

 

·        Labu II        : diisi 70 cc air kaldu, ditutup rapat-rapat dengan sumbat gabus. Pada daerah pertemuan antara gabus dengan mulut labu diolesi paraffin cair agar rapat benar. Selanjutnya, labu dipanaskan.selanjutnay, labu I dan II didinginkan. Setelah dingin keduanya diletakkan pada tempat terbuka yang bebas dari gangguan hewan dan orang. Setelah lebih kurang satu minggu, diadakan pengamatan terhadap keadaan air kaldu pada kedua labu tersebut.

 Hasil percobaannya adalah sebagai berikut :

Labu I         : air kaldu mengalami perubahan, yaitu airnya menjadi bertambah keruh dan baunya menjadi tidak enak. Setelah diteliti ternyata air kaldu pada labu I ini banyak mengandung mikroba.

Labu II        : air kaldu labu ini tidak mengalami perubahan, artinya tetap jernih seperti semula, baunya juga tetap serta tidak mengandung mikroba. Tetapi, apabila labu ini dibiarkan terbuka lebih lama lagi, ternyata juga banyak mengandung mikroba, airnya berubah menjadi lebih keruh serta baunya tidak enak (busuk).

Berdasarkan hasil percobaan tersebut, Lazzaro Spallanzani menyimpulkan bahwa mikroba yang ada didalam kaldu tersebut bukan berasal dari air kaldu (benda mati), tetapi berasal dari kehidupan diudara. Jadi, adanya pembusukan karena telah terjadi kontaminasi mikroba darimudara ke dalam air kaldu tersebut.

 

B)     Percobaan Louis Pasteur (1822-1895)

Dalam menjawab keraguannya terhadap paham abiogenesis. Pasteur melaksanakan percobaan untuk menyempurnakan percobaan Lazzaro Spallanzani. Dalam percobaanya, Pasteur menggunakan bahan air kaldu dengan alat labu. Langkah-langkah percobaan Pasteur selengkapnya adalah sebagai berikut :

 

Langkah I     : labu disi 70 cc air kaldu, kemudian ditutup rapat-rapat dengan gabus. Celah antara gabus dengan mulut labu diolesi dengan paraffin cair. Setelah itu pada gabus tersebut dipasang pipa kaca berbentuk leher angsa. Lalu, labu dipanaskan atau disterilkan.

 

Langkah II   : selanjutnya labu didinginkan dan diletakkan ditempat yang aman. Setelah beberapa hari, keadaan air kaldu diamati. Ternyata air kaldu tersebut tetep jernih dan tidak mengandung mikroorganisme.

 

Langkah III : labu yang air kaldu didalamnya tetap jernih dimiringkan sampai air kaldu didalamnya mengalir kepermukaan pipa hingga bersentuhan dengan udara. Setelah itu labu diletakkan kembali pada tempat yang aman selama beberapa hari. Kemudian keadaan air kaldu diamati lagi. Ternyata air kaldu didalam labu meanjadi busuk dan banyak mengandung mikroorganisme.

 

Melalui pemanasan terhadap perangkat percobaanya, seluruh mikroorganisme yang terdapat dalam air kaldu akan mati. Disamping itu, akibat lain dari pemanasan adalah terbentuknya uap air pada pipa kaca berbentuk leher angsa. Apabila perangkat percobaan tersebut didinginkan, maka air pada pipa akan mengembun dan menutup lubang pipa tepat pada bagian yang berbentuk leher. Hal ini akan menyebabkan terhambatnya mikroorganisme yang bergentayangan diudara untuk masuk kedalam labu. Inilah yang menyebabkan tetap jernihnya air kaldu pada labu tadi.

Pada saat sebelum pemanasan, udara bebas tetap dapat berhubungan dengan ruangan dalam labu. Mikroorganisme yang masuk bersama udara akan mati pada saat pemanasan air kaldu.

 

Setelah labu dimiringkan hingga air kaldu sampai ke permukan pipa, air kaldu itu akan bersentuhan dengan udara bebas. Disini terjadilah kontaminasi mikroorganisme. Ketika labu dikembalikan keposisi semula (tegak), mikroorganisme tadi ikut terbawa masuk.  Sehingga, setelah labu dibiarkan beberapa beberapa waktu air kaldu menjadi akeruh, karena adanya pembusukan oleh mikrooranisme tersebut. Dengan demikian terbuktilah ketidak benaran paham Abiogenesis atau generation spontanea, yang menyatakan bahwa makhluk hidup berasal dari benda mati yang terjadi secara spontan.

 

Berdasarkan hasil percobaan Spallanzani dan Pasteur tersebut, maka tumbanglah paham Abiogenesis, dan munculah paham/teori baru tentang asal usul makhluk hidup yang dikenal dengan teori Biogenesis. Teori itu menyatakan :

 

   1. omne vivum ex ovo = setiap makkhluk hidup berasal dari telur.

   2. Omne ovum ex vivo = setiap telur berasal dari makhluk hidup,  dan

   3. Omne vivum ex vivo = setiap makhluk hidup berasal dari makhluk hidup      sebelumnya.

Walaupun Louis Pasteur dengan percobaannya telah berhasil menumbangkan paham Abiogenesis atau generation spontanea dan sekaligus mengukuhkan paham Biogenesis, belum berarti bahwa masalah bagaimana terbentuknya makhluk hidup yang pertama kali terjawab.

 

Untuk direnungkan,

Pengakuan Evolusionis

Alexander Oparin: “Asal-usul sel masih menjadi teka-teki.”

Tantangan untuk menjelaskan asal usul kehidupan merupakan sumber krisis terbesar yang dihadapi teori evolusi. Alasannya, molekul-molekul organik sangat kompleks dan pembentukannya tidak mungkin dapat diterangkan sebagai suatu kebetulan. Selain itu, telah terbukti bahwa sel organik mustahil terbentuk secara kebetulan.

 

Evolusionis dihadapkan pada pertanyaan tentang asal usul kehidupan pada perempat kedua abad ke-20. Pakar terkemuka teori evolusi molekuler, evolusionis Rusia, Alexander I. Oparin, menuliskan dalam bukunya “The Origin of Life” yang terbit pada tahun 1936:

“Sayangnya, asal usul sel masih menjadi pertanyaan, yang merupakan titik tergelap dari teori evolusi yang utuh.”

 

Jeffrey Bada: “Kemunculan kehidupan di bumi adalah masalah terbesar yang belum terpecahkan.”

 

Sejak Oparin, banyak evolusionis telah melakukan penelitian dan pengamatan untuk membuktikan bahwa sebuah sel dapat terbentuk secara ke-betulan. Akan tetapi, setiap upaya hanya memperjelas desain sel yang kompleks sehingga semakin menggugurkan hipotesis mereka. Profesor Klaus Dose, kepala Institut Biokimia di Universitas Johannes Gutenberg, menyatakan:

 

Percobaan tentang asal usul kehidupan di bidang kimia dan evolusi molekuler selama lebih dari 30 tahun, menghasilkan persepsi yang lebih baik tentang kompleksitas asal usul kehidupan di bumi ini, dan bukannya memberikan jawaban yang mereka harapkan. Saat ini, semua diskusi mengenai teori-teori dasar dan penelitian di bidang ini berakhir dengan kebuntuan atau pengakuan atas ketidaktahuan. 2

 

Jeffrey Bada dari Institut San Diego Scripps memperjelas ketidakberdayaan evolusionis terhadap kebuntuan ini  : “Kini, saat meninggalkan abad ke-20, kita masih menghadapi masalah terbesar yang belum terpecahkan sejak awal abad ke-20: Bagaimana kehidupan muncul di muka bumi”

About these ads

56 thoughts on “Teori Abiogenesis dan Biogenesis

  1. bagai mana bisa teori tersebut bisa di katan teori yang spontan!
    cuz buat apa teori itu di baut,kalau teori itu tidak ada kebenarnx dan teori tersebut udah banyak menyabar kebohongan!!!!!!!!!

  2. ya… karena orang2 dulu kan belum tau.. trz dibuat teori yg ngawur… yg diatas kan cuma sejarahx aja sampe dapat teori yg benr2 diyakini… setiap waktu berganti… teori pasti ada yg baru muncul dan gugur.. sesuai dng zaman..

    thnks infox.. tadix aq debat dng teman masalah ini trz jawabanx dapat disini..

    lam kenal aj

  3. yang benar teruz yang mana, kalo g bisa mncr yang bnar, enakx gmn ? kl;o mnrt stlah adax kaum relatifisme itu ada konsep kbnaran umum dan kebenaran khusus, tolong crikan yang kebenaran umum cos mayoritas itulah yang dikuti mskpn tdk menistakan minoritas?

  4. teori ini bisa tercipta karna pada zaman dulu orang belum begitu tahu.lalu melalui suatu percobaan,yang tidak dilegkapi dengan alat yang memadai,maka mereka menarik suatu kesimpulan yang mereka anggap benar tapi kemudian hari dibuktikan salah oleh ilmuan sekarang yang sudah dilengkapi dengan alat-alat penelitian yang canggih

  5. teori ini merupakan suatu proses untuk menuju kebenaran.coba kalau gak da teori ini maka mungkin orang takkan membahas masalah ini

  6. Teori bagaimanapun adalah usaha pikiran seseorang untuk mencapai kebenaran… Biogenesis pun Abiogenesis keduanya adalah usaha untuk mancari kebenaran dengan informasi dan penalaran yang sesuai dengan zamannya, jadi sangat harus dihargai. Mudah-mudahan suatu saat kita bisa menjelaskan secara ilmiah bagaimana Allah menciptakan ini semua. Dari manakah asal-usul kehidupan ini semua???

    • jika terjadi loncatan listrik dan radiasi sinar kosmis dengan zat-zat kimia di atmosfer akan membentuk zat apa?

  7. hai..salam kenal..saya sedang menulis skripsi dan butuh info tentang abiogenesis vs biogenesis..tau buku yang cukup valid nggak ya tentang ini?soalnya mau mengquote dari buku jaman smp/sma kok rasanya aneh..gag usah yang bagus-bagus sih bukunya..cukup valid dan jelas saja..gag usah yang biologi banget juga..ntar saya malah pusing soalnya saya mahasiswa ilmu sosial..makasih ya..

  8. Klo misalny sy bleh b’pndapat,,
    Sy g bkal blg klo teori abiogenesis tuw g ad kebenarannya..
    Tapi tak juga berarti klo Q menganut teori ini..
    Cm skedar pendapat aja..
    Soalny komponen penyusun all the living creature tuw jg ad yg berasal dari benda mati ky unsur2 kimia (C, H, O, N -> dari pelajaran biokimia)..
    Dri apa yg pernah Q baca,,
    Klo misalnya kt lbih percaya teori biogenesis misalny,,
    Kan berarti mnurut kt semua mkhluk hdp yg ad skrg berasal dr makhluk hdp sblmnya..
    Tp ap teori itu bisa ngejelasin makhluk p’tma yg terbentuk..
    Klo dia dibilang sbg makhluk pertama,,
    Trus materi pembentuk dia apa/siapa??

    Klo g slah jg,,
    Q p’nah bca (g tau valid ap g),,
    Ad p’cobaan untk membuktikan abiogenesis..
    P’cobaan ini dilakuin m Stanley L. Miller..
    Yaitu dgn menggunakan materi tak hidup (metana, air, hidrogen n ammonia) yg dikondisikan (tekanan, suhu, dll) spt kondisi ketika awal2 terbentuknya bumi..
    N hasilny (klo g slah) se bsa menghasilkan asam amino (life’s building block) yg merupakan materi penting penyusun mkhluk hidup..
    Tp Q bnr2 g tau kbnarannya (mngkin jg slah bca)..

    Bukti ttg teori ini se mang lebih lemah klo dibandingin ma biogenesis..
    Aplg teori ini sma skali lum terbukti secara eksperimental pd saat ini..
    Tp yg bisa diharapkan untuk membuktikan teori abiogenesis tuw katanya mekanisme naturalistik..
    Lgian pra evolusionis tuw pda b’pndapat klo khdpan (spt awal t’bentukny kehidupan) g bsa t’bntuk skrg2 ini cuz kondisinya mang g memungkinkan (g cuma gara2 oksidasi (oksigen tuw menghambat t’bentuknya asam amino), tapi juga karena adany organisme lain, klo dlu kan pas pmbentukan mkhluk hdp p’tma lum ad mkhluk lain)..

    Klo masalah ini dikaitin sma agama,,
    Kyny bkal lain lg..
    Q dlu p’nah bngung jg ttg ini,,

    Lgian biogenesis n abiogenesis kan masih teori..
    Ky teori evolusiny C. Darwin jg..
    Blum pasti kebenarannya..
    Itu semua se cm pndapatQ..
    Klo mnurut kalian ad yg slah y mohon pembetulannya..
    Nmany jg mns, bnyak slah..

    Oya,,
    Bwt Noe,,
    Klo mau cari ttg teori ini,,
    Kyny mending km buka buku microbiology..
    TmenQ pas dpt tugas ttg mslh ini pda pke bku micro lho..
    Lumayan kan..
    Lebih terpercaya drpd bku sma/smp..
    Klo mslh terlalu biologi ap g,,
    Itu smua kan masih bisa dipelajari..
    Lagian pling bnyak koq, org yg mau bntuin km..
    Ho..ho..
    klo nggak,,
    Cari aja buku2 kya Origins of Life, Biogenesis: Theories of Life’s Origin, etc..
    Bku b’bhasa inggris kyany lebih trusted (bukannya g cinta lokal lho)..

    Lam kenal y smuany..

    • aq sdikit mnyukai pndapatmu,klo qt cba mnerawng d wktu qt lum di ciptakn hanya akn tmbul imajinasi2 ksong belaka.jd klo mnrtq smw teori t masih ngambang,
      cntoh kasus teori big bang,mna mngkn alam smsta sluas ini n sekopleks ini trcipta olh sebuah ldakan????

      bwt smw t cm pndapatQ,lam knal smw…..

  9. ya… karena orang2 dulu kan belum tau.. trz dibuat teori yg ngawur… yg diatas kan cuma sejarahx aja sampe dapat teori yg benr2 diyakini… setiap waktu berganti… teori pasti ada yg baru muncul dan gugur.. sesuai dng zaman..

    thnks infox.. tadix aq debat dng teman masalah ini trz jawabanx dapat disini..

  10. Yg soal Miller it ktny gk bner.. Trnyta asam amino yg brhasil trbntuk dr prcobaan yg dia bwt it akn sgra hncur…
    Sdngkan evolusi trjadi dlam jngka waktu panjang, shingga tdk mngkin terjadi perubahan menjadi makhluk yg lebih komplek…

  11. gw sih gak sama sekali percaya sama abiogenesis tapi namanya yori mau diapain lagi??Itu sama aja sama pertanyaan mana duluan ayam sama telur kan?????

  12. gw sih gak sama sekali percaya sama abiogenesis tapi namanya teori mau diapain lagi??Itu sama aja sama pertanyaan mana duluan ayam sama telur kan?????

  13. gw sih gak sepenuhnya percaya sama teori abiogenesis yahhh….. tapi namanya teori mau diapain lagi???Itu sama aja dengan pertanyaan mana duluan ayam sama telur khannn??

  14. mengkaji teori abiogenesis dan biogenesis……adalah rahasia tuhan yg tdk dapat dijangkau melalui nalar at filsafat ,ini adalah satu bukti kekuasaanx …

  15. .hmm
    .smakin d plajari n d bca malah smakin mmbngungkan..
    .krna teori para ilmuwan dngn teori agama2 (tntang asal usul khdupan) msing2 sngt berbeda.. N prbedaan it smpt jauh skali..
    .ttpi tdk salah jika qt mmplajri smua na ;)

  16. Ternyata banyak juga yang meragukan abiogenesis ya
    Yang secara tidak langsung meragukan Nabi Adam tercipta dari tanah, jin tercipta dari api, malaikat tercipta dari cahaya (bukankah Nabi Adam adalah makhluk hidup dan tanah adalah benda mati?)
    Kalian kalian ini agamanya apa sih?

  17. Pingback: asal-usul kehidupan | Fajar N.C

  18. emang deh orang dulu itu lebay. percobaan dikit udah bikin teori, kemudian di sebarluaskan sbg IP , pdhal kebenarannya belum ditemukan. Bukannya hanya Allah Sang pencipta yg menciptakan segalanya.

  19. Pingback: Ilmu Alamiah Dasar | Assalamualaikum wr. wb :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s